Curug Cilengkrang

Posted: 11 July 2008 in Tourism
Tags: , , , , , ,

Curug Cilengkrang? Tau di mana? Ga pada tau kan. Curug jg mungkin ga tau apa… Curug itu berasal dari Bahasa Sunda yg artinya waterfall alias air terjun. Tidak begitu terkenal mungkin, tidak seterkenal curug cinulang (lagu darso) meskipun ga pada tau jg ya klo bukan orang Bandung dan sekitarnya.

Curug Clengkrang itu berada di Gunung Manglayang. Di mana lg Gunung Manglayang? hehehe… Gunung Manglayang berada di Bandung Timur. Mungkin yg kuliah di Jatinangor pada tau Gunung Manglayang. Gunung Manglayang merupakan sumber mata air untuk wilayah Ujungberung hingga Jatinangor. Nah, klo curug Cilengkrang berada di sebelah barat Gunung Manglayang, perjalanan bisa ditempuh dari daerah Ujungberung.

Untuk menuju ke sana, gampang aja. Masuk dari jalan Cilengkrang I, bisa pake mobil ko ke sana, ga kampung” bgt. Lumayan tuh dari situ… ga sampe 30 menit buat nyampe daerahnya (bukan curugnya), nama daerahnya Pasir Angin. Tinggal nanya tukang ojek atau penduduk pasti tau… Klo bawa mobil, di sana bisa dititipkan di rumah” penduduk. Terus jalan kaki deh alis hiking. Pokoknya seru… Ada villa” yg bisa disewa di sana. Ya klo mau liburan hemat. Biasanya tarif sewa villa di sana semalem antara Rp. 150.000,00 – Rp. 250.000,00. Ga banyak siy villa”nya, tp lumayan lah buat satu keluarga atau buat mojang-bujang yg bikin acara kelas dan sebagainya.

Perjalanan ke curug menempuh sekitar 30 menit-1 jam tergantung kecepatan kita jalan. Namanya jg naik gunung jalannya ga dibeton kayak jalan tol. Banyak batu”, mungkin bisa poto” di batu. perjalan menyusuri sungai. Pertamanya akan menemukan curug yg kecil.

Ga sampe 10 menit dari perumahan penduduk bisa sampe kesitu.

Hati” jalannya licin apalagi klo ujan, mantav deh belepotan kena tanah basah. Tp disarankan jangan ketika hujan. Ada kemungkinan airnya kenceng. Bahaya!

Dari situ dilanjutkan ke tujuan utama, Curug Cilengkrang! Lumayan melelahkan karena jalan yg ditempuh cukup terjal. Namanya jg hiking… Menyusuri hutan pinus, menembus udara dingin, menerjang air sungai. Pokoknya mantav!

Capenya di jalan pasti terbayarkan setelah sampe ke sana… Disana bisa poto”, mandi”, bugil”, pokoknya mantav!! Curugnya cukup tinggi, airnya ga terlalu gede tp sangat jernih, ga bakal nemu deh air kyk gini di kota, dingin, sejuk.

Bersenang”lah di sana… mau manjat batu ke atas air terjunnya jg boleh, tp klo bisa bawa peralatan panjat dinding. Di atas sana bisa kemping”, bikin kemah, api unggun…

Pulangnya sore”, jgn ninggalin sampah!!! Turun gunung pesen susu sapi asli ke penduduk… wah seger… MAKNYUSSS klo kata Bondan Winarno mah…

Selamat berwisata…!

Comments
  1. salman says:

    eh,sekarang masuk tng cieremai bayarnya berapa?cos waktu tahun 2006(pada waktu tertentu)w masuk gak bayar

  2. L07n0k says:

    Itu… yang Villa… maneh keur promosi nya Jay? hehuehueheu

  3. fray_batarakala says:

    curug cilengkrang masihkelihatanindah akankeaslianya lingkungan hidupnya masih hijau dan jauhdari polusi kota yang penuh dengan penyakit ,curug cilengkrang wajib dilestarikanakan ke indah hanya . jagalah keindahanitu hingga akhir hayat sampai anak dan cucu kita merasakan ke indahan itu,by fray batarakala

  4. sambis says:

    Hai, Salam Kenal
    sekedar membagi Informasi tentang penyewaan tenda dan alat-alat camping , pembuatan dan penjualan tenda,
    Berkemah, Camping, kemping, Even, Wisata Alam, Mabim, Outbound Training, Tenda Dome, Tenda Sarnafil atau Tenda Kerucut;
    silakan hubungi kami di http://www.tendaku.net atau http://www.mrcamp.net
    email : tendakubandung@yahoo.com
    thx..

  5. ahzidar says:

    Klo perjalanan dgn berjalan kaki, dri cilengkrang 1 sampai curug, kra2 brapa jam?

  6. wiwit ratna dj says:

    hallo kang adjay…

    salam kenal.. kapan2 klo ada lagi jalan2 kesana saya mo gabung. kiatlah kang.. moal mopo. haturnuhun..!

  7. didi says:

    ASALM SAYAH DARI BANDUNG PERNAH MAIN KE CURUG MEMANG TEMPAT YG INDAH UNTK WISATA SEMOGA JADI KENANGAN YG INDAH

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s